Home » Uncategorized » Diskusi Penyempurnaan Kurikulum Fakultas Adab

Diskusi Penyempurnaan Kurikulum Fakultas Adab


Senin, 20/01/2020 Fakultas Adab menyelenggarakan Diskusi Penyempurnaan Kurikulum yang dilaksakanakan di ruang rapat Fakultas Adab. Dalam diskusi yang pertama kali dilaksanakan di Fakultas Adab membahas Perkembangan kurikulum, dimana dalam pembahasan ada tiga poin yang harus diperhatikan dalam pengembangan kurikulum yakni sebagai suatu proses yang merencanakan, menghasilkan suatu alat yang lebih baik di dasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku, dan bertujuan untuk dapat memberikan kondisi belajar-mengajar yang lebih baik.

Menurut Prof wan tiga poin tersebut menunjukkan adanya perbedaan arti dengan Konsep-konsep sebelumnya sesuai dengan tujuan dan hal-hal yang mendasari, sekaligus menunjukkan adanya kemajuan dalam melangkah. Sebab pada konsep ini merupakan sebagai upaya melanjutan langkah-langkah yang telah di tempuh pada konsep-konsep sebelumnya.

Dalam langkah penyempurnaan telah di tegaskan beberapa poin penting yang mana hal itu merupakan wujud dinamika kurikulum dalam rangka memenuhi tuntutan dunia pendidikan yang terus maju, seiring perkembangan ilmu Pengetahuan dan teknologi yang semakian maju pesat. Dalam konsep Penyempurnaan di tegaskan adanya: Upaya menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , Untuk memperoleh kebenaran substansi materi pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa, Dilakukan untuk mendapatkan proporsi yang tepat antara tujuan yang ingin dicapai dengan beban belajar, potensi siswa, dan keadaan lingkungan serta sarana pendukungnya.

Dalam diskusi Dr. Mahmudin  sebagai Dekan Fakultas Adab menegaskan kembali  untuk lebih mendalami dan memahami maksud dan tujuan dari penyempurnaan kurikulum yang dibahas kali ini, demi kemajuan dan tercapainya harapan bagi Fakultas Adab kedepannya.

Diskusi penting ini juga dihadiri  oleh Wakil Rektor 3 Prof. Wan Jamaluddin pakar Sejarah Peradaban Islam,  Prof. Deden  selaku kepala LPM dan tak kalah pentingnya dihadiri juga oleh Ustad Kamran selaku kepala UBINSA UIN Raden Intan Lampung dan sivitas Akademika Fakultas Adab./ Zuriansyah