Tantangan Pustakawan Dalam Masa Covid 19


Kamis, 25/06/2020

Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung menyelenggarakan Webinar “Quo Vadis Prodi Ilmu Perpustakaan Pasca Pandemi Covid -19” yang berjalan dengan sukses.

Webinar yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung Dr. H. Mahmudin Bunyamin, Lc, MA, beliau mengatakan bahwa bangsa Indonesia sangat memerlukan SDM Pustakawan. Selain realitas lapangan, hal ini juga sesuai dengan Undang-Undang No 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, yang mengamanatkan setiap desa harus memiliki perpustakaan dan juga pustakawan.

Beliau juga mengatakan bahwa ke depan bangsa ini sangat memerlukan pustakawan yang berada di garda terdepan untuk mengabdi dan mengembangkan perpustakaan di bumi Nusantara.

Melalui webinar kali ini beliau berharap pasca pandemi Covid-19, prodi Ilmu perpustakaan khususnya di UIN Raden Intan Lampung yang terbilang baru dapat lebih progresif dalam menjawab tantangan zaman seperti sekarang ini.  

“Pasca pandemi, kami akan mengadakan MoU atau kerja sama dengan prodi-prodi Ilmu Perpustakaan dengan beberapa perguruan tinggi dan stakeholder lainnya,” tambahnya.

Webinar ini menghadirkan Keynote Speaker Prof. Sulistyo Basuki.,SM.,SS.,MSLS.,MA.,Ph.D Guru Besar Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia. Dan juga menghadirkan Narasumber yang handal dan mumpuni dalam bidang Ilmu Perpustakaan yakni Agus Rifai, PhD (Asesor Akreditasi Perpustakaan), Dr Hj. Sri Rohyanti Zulaikha,S.Ag.,S.IP., MSi (Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta/Asesor BAN-PT), dan Ari Nugraha, S.Hum.,MTI (Dosen Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi FIB UI/PhD Candidate University of Tsukuba, Japan).

Dan webinar ini dipandu langsung oleh Eni Amaliah MAg (Ketua Prodi IPII Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung) selaku Moderator. RM13