Home » Prodi SPI

Prodi SPI


Fakultas Adab  merupakan salah satu  fakultas yang menjadi tuntutan integrasi keilmuan sebagaimana termaktub dalam statuta UIN Raden Intan Lampung, salah satu  rumpun   keilmuan dari Fakultas Adab adalah Program Studi  Sejarah Peradaban Islam. Keberadaan  Program Studi  ini  untuk merespon perkembangan kemajuan manusia yang tidak hanya didukung atau ditopang oleh penampakan realitas semata tetapi  menjembatani  memori masa lalu dalam mencari  kebijaksanaan atau menjadi kekuatan masa kini. Sejarah sebagai bentuk rekreasi tidaklah hanya menjadi penyegaran kembali (refresh)  secara fisik, namun juga merefleksikan kembali tehadap kebutuhan masa sekarang. Dalam pengertian ini sejarah  sangat dibutuhkan sebagai sesuatu yang hidup.

Ketidakpedulian terhadap sejarah akan menghilangkan akar budaya dan menjadkan komunitas  manusia yang tidak mempunyai latar belakang, tidak adanya fondasi sejarah peradaban yang kuat  akan menyebabkan sebuah bangsa kehilanagn identitas. Salah satu problem kesenjangan pemaknaan sejarah saat ini terjadi dalam  destinasi wisata, banyak tempat wisata yang bernilai sejarah dalam prakteknya   tidak dikaitkan dengan sejarah. Pada saat ini, sudah menjadi suatu keharusan memberikan   informasi  wisata yang bernilai sejarah, tidak hanya terkait informasi  objek fisik semata  tetapi juga memuat informasi-informasi yang bersifat edukasi sejarah dalam rangka memberikan pencerahan masa lalu dan membangun karakter masa depan kehidupanan manusia.

Visi

Terwujudnya Program Studi   Sejarah Peradaban Islam (SPI)   berbasis  lokalitas Islam   sebagai rujukan internasional  yang   integratif-multidisipliner  tahun 2035

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang sejarah lokal, Nusantara dan dunia.
  2. Melaksanakan penelitian sejarah lokal, Nusantara dan dunia Islam dengan menggali dan memanfaatkan kekayaan sumber-sumber yang tersedia.
  3. Melaksanakan pengabdian dalam bidang sejarah lokal, Nusantara dan dunia. 
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak dan lembaga tingkat lokal, nasional dan internasional dalam  bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian  sejarah Islam.   

Tujuan

  1. Menghasilkan sejarawan yang religius, berbudaya, berwawasan dan berkomitmen kebangsaan.
  2. Menghasilkan sejarawan lokal profesional sebagai perwujudan pemenuhan  kekayaan budaya nasional. 
  3. Menghasilkan pegiat pariwisata professional yang berbasis sejarah lokal.
  4. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai pihak dan lembaga tingkat lokal, nasional dan internasional dalam bidang pendidkan, penelitian dan pengabdian sejarah Islam.

Bidang Kerjasama

Dalam bidang kerjasama Prodi Sejarah Peradaban Islam akan menjalin kerjasama dengan unit dalam institusi sendiri maupun dengan institusi luar. Kegiatan kerjasama   tersebut  dalam  bentuk  pelaksanaan Program Praktik Lapangan (PPL), Kuliah Kerja Nyata (KKN), peningkatan mutu perkuliahan dan lulusan, penguatan jaringan penelitian dan pengabdian baik dengan cara memanfaatkan kerjasama dengan Lembaga yang telah memiliki perjanjian (MoU-MoA) dengan UIN Raden Intan Lampung maupun merintis perjanjian baru dengan Lembaga lainnya.

Dalam spektrum ini beberapa langkah kerjasama rintisan telah dan akan dilakukan antara UIN Raden Intan Lampung dengan Dewan Kebudayaan Lampung (DKL), Dekranasda Lampung, Dewan Bahasa dan Pustaka Lampung, Museum Lampung, Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Institut Alam dan Tamadun Melayu (ATMA) Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Museum Etnografi dan Antropologi “Kunsthamera” Saint Petersburg Russia, Faculty for Oriental Studies of Saint Petersburg State University, Russia, Rhodes Forum for Dialogue of Civilizations (Greek-Athens), Istanbul Foundation for Science and Culture (Turkey), Marmara University-Faculty of Theology Istanbul, Turkey, The Kolej Muhammadiyah of Singapore, Suez Canal University of Egypt, Academic Alliance Signing Seis Ceremony, Jose Rizal University Philippine dan lainnya. 

Kebijakan Sistem Rekrutmen dan Seleksi Mahasiswa Baru

UIN Raden Intan Lampung memiliki 4 jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu SPAN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional), UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam), dan jalur Penelusuran Minat Akademik (PMA) dan UM-Lokal. SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya bagi siswa tahun 2017 SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: http://www.span-ptkin.ac.id.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengelolaan Peguruan Tinggi ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan TinggiKeagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).

Pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri(UM-PTKIN) yang kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi. SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

UM – PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru UIN/IAIN/STAIN melalui ujian tertulis bagi siswa yang lulus dari satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara yang dilakukan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: http://www.um-ptkin.ac.id