Buku Bimbingan Skripsi


Silahkan Download :

https://drive.google.com/file/d/1eDqTEnlDvS74EIp0hWrmWGimfaAyXvmC/view?usp=sharing

Sertifikat EMA FA

https://drive.google.com/file/d/1uuZJnQCWVvlggUKsEzE1hrZ2swIVUjlE/view?usp=sharing

https://drive.google.com/file/d/1moia0z8XofjrhsaLS0MPJVL-wDRLgBuO/view?usp=sharing

FA Raih Penghargaan di Raker 2023


Bandar Lampung, 24 Januari 2023

Kembali UIN Raden Intan Lampung melaksanakan Raker setiap tahun sekali, keberangkatan menuju kota bandung akan dilaksanakan tanggal 26-28 Januari 2023,

sebelumnya, seluruh sivitas UIN Raden Intan Lampung mengadakan pembukaan Raker di Ball Room yang di ikuti oleh seluruh Sivitas UIN Raden Intan Lampung. Fakultas Adab tak ketinggalan, seluruh pimpinan ikut andil dalam raker tahun ini, bahkan Fakultas Adab pada raker tahun ini meraih penghargaan berupa voucer belanja di UIN Mart senilai 1.000.000,’ yang diberikan langsung oleh bapak rektor kepada dekan Fakultas Adab Dr. Ahmad Bukhari Muslim,Lc.MA.

Foto Penyerahan Voucer belanja senilai 1.000.000,’ diberikan langsung oleh Rektor

Saat pembukaan sesi pertanyaan, wakil dekan 1 Fakultas Adab berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, sehingga kembali mendapatkan penghargaan voucer belanja senilai 250.000,’ di UIN Mart.

Penyerahan Voucer belanja senilai 250.000,’ kepada wakil dekan bidang 1 Dr. Nadirsah Hawari,Lc. MA

Rektor berharap dalam Raker tahun ini seluruh sivitas UIN Raden Intan Lampung agar supaya bisa lebih meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi agar UIN Raden Intan Lampung menjadi Universitas yang unggul di dunia pendidikan International. (RM13/Z)

Hari kedua raker di lingkungan UIN raden Intan Lampung berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan, dalam raker ke dua dekan fakultas adab merikan sambutan dan arahan untuk kemajuan fakultas adab dalam menyongsong FA kedepannya yang lebih baik.

Dalam pemaparannya Dr. Ahmad Bukhari Muslim, Lc.MA menyampaikan bahwa Prestasi kerja tahun 2022, dan rencana giat program di tahun 2023 berbasis internasionalisasi, digitalisasi dan kemandirian. Melalui giat prodi yang ada ( IPII SPI) FA. terus berupaya untuk memperkuat MBKM. Berbekal akreditasi prodi yang diraih”Baik” FA terus mengintensifkan kreatifitas dosen, tendik dan mahasiswa dalam pengembangan potensi yang dimiliki oleh Civitas Akademika FA.

Foto bersama sivitas Akademika FA pada hari kedua Raker tahun 2023 di Ball Room UIN raden Intan Lampung

Rapat Distribusi Mata Kuliah Semester Genap


Bandar Lampung, 17 Januari 2023

Sivitas Akademika Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung mengadakan Rapat Distribusi Mata Kuliah semester Genap,

Rapat yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung Dr. KH. Ahmad Bukhari Muslim,Lc.MA berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun,

Sambutan Dekan Fakultas Adab dan Foto bersama seluruh Sivitas Akademika

Dalam bahasannya beliau menyampaikan perkuliahan yang akan berlangsung bulan Februari 2023 ini harus benar-benar kita persiapkan dengan baik, sehingga perkuliahan nanti berjalan dengan lancar dan aman.

Ditambahkan oleh Wakil Dekan 1 Dr. KH. Nadirsah Hawari,Lc.MA , sebelum perkuliahan ini dimulai sebaiknya mahasiswa diingatkan lagi batas pembayaran UKT yang saat ini sudah diperpanjang sampai tanggal 11 Februari 2023.

Dalam hal ini kesiapan dan persiapanpun juga harus matang, karena perkuliahan semester Genap ( semester 2, 4 dan 6) ini mencakup 60% Offline dan 40 % Online, serta untuk tatap muka hanya dipersingkat 1 jam .

Untuk perkuliahan sendiri masih menggunakan Aplikasi E-Learning saat daring sehinga bisa mempermudah jalannya perkuliahan pada semester ini.

Pada semester genap ini dalam 1 semester hanya 14 kali pertemuan yang selanjutnya dipersiapkan untuk menghadapi UTS dan UAS pada semester Genap 2023.

Hadir juga seluruh dosen pengampu mata kuliah dan juga seluruh sivitas akademika Fakultas Adab uin raden intan lampung. (Z/RM13)

Foto Bersama seluruh sivitas akademika fakultas adab uin raden intan lampung

Studium General Fakultas Adab


Bandar lampung, 25/10/2022

Fakultas Adab (FA) UIN Raden Intan Lampung selenggarakan Studium General dengan tema Peningkatan Literasi Pemuda Sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Emas 2045 di Ballroom Gedung Academic and Research Center UIN RIL.

Sambutan Wakil Rektor III Dr. Idrus Ruslan,M.Ag, Sambutan Wakil Dekan I Dr.H. Nadirsah Hawari,Lc.MA dan Pemaparan materi oleh Wien Muldian selaku narasumber studium general FA

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Wien Muldian selaku Ketua Dewan Perpustakaan DKI Jakarta dan diikuti oleh seluruh mahasiswa FA yakni sekitar 450 mahasiswa yang terdiri dari Prodi Sejarah Peradaban Islam dan Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam beserta seluruh dosen, tenaga pendidik, kabag TU, dan kasub .

Studium General ini juga dimeriahkan dengan hadirnya para mahasiswa yang menggelar tari sembah dalam penyambutan Wakil Rektor dan juga Narasumber.

Selain itu juga, turut hadir dalam kegiatan tersebut para jajaran pimpinan fakultas serta tamu undangan tokoh literasi dan penggiat literasi di Lampung.

Dr Idrus Ruslan M.Ag menyampaikan bahwa pada 2045, pemerintah telah menargetkan Indonesia mampu bersaing dan menjadi salah satu  kekuatan ekonomi dunia. Peran pemuda dalam hal ini sangatlah signifikan dalam merealisasikan ekspektasi tersebut. Hal ini dikarenakan, pemuda pada tahun tersebut beranjak pada usia produktif (imbuh beliau di sela2 sambutan beliau saat mewakili Rektor.

“Maka dari itu, sebelum menginjak usia produktif tersebut, perlu untuk mempersiapkan terlebih dahulu, khususnya dalam hal kualitas SDM, penguatan literasi bagi pemuda harus terus dilakukan dan ditingkatkan untuk mewujudkan tujuan Indonesia Emas 2045,” ujar beliau

Dr.H. Nadirsah Hawari Lc MA, mewakili Dekan FA, mengingatkan para mahasiswa untuk selalu waspada serta berhati-hati dalam menggunakan teknologi di era saat ini. ‘banyak sekali di medsos ujaran-ujaran kebencian, menghina bahkan menjatuhkan satu sama lain disaat situasi seperti saat akan mendekati pemilihan umum ini nanti, ujar beliau.

Sementara, narasumber Wien Muldian dalam paparannya, memberikan materi terkait Perpustakaan, Pengetahuan, Daya Baca dan Gerakan Literasi Lokal. 

seluruh mahasiswa baik Prodi Ilmu perpustakaan dan informasi islam maupun Prodi sejarah peradaban islam khusyuk dan menyimak dengan baik akan materi yang disampaikan beliau. (Z/RM13)

Kuliah Perdana Setelah Pandemi


Setelah sukses melaksanakan PBAK secara Offline serentak seluruh Fakultas di UIN Raden Intan lampung, kini Fakultas Adab melaksanakan Kuliah Perdana Tatap Muka dan Hybrid secara bersama-sama tahun ini.

Antusias para mahasiswa baru dan juga dosen yang mengampu terlihat diwajah mereka, karena sekian lama kuliah jarak jauh yang tak kunjung berkesudahan pada masa pandemi covid 19,

Dengan Semangat para mahasiswa datang pagi- pagi untuk kuliah, dan agar tidak tertinggal oleh teman yang lain.

Perkuliahan yang berjalan dengan penuh semangat dan penuh kegembiraan ini terasa begitu menyentuh dihati para dosen dan mahasiswa, terlihat keseriusan di wajah mahasiswa saat mendengarkan materi yang disampaikan oleh dosen yang mengampu mata kuliah tersebut.

Fakultas adab dengan dua Prodi, Sejarah Peradaban Islam (SPI) dan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) hari senin, 29 Agustus 2022 perdana melaksanakan perkuliahan tatap muka di Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung. (RM13)

PBAK HYBRID FAKULTAS ADAB 2022


Bandar Lampung, 25 Agustus 2022

Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung tepat di hari kemerdekaan RI menyelenggarakan Pengenalan Budaya Akademik (PBAK) tahun angkatan 2022 di rektorat lama UIN Lampung.

Dr. H. A.Bukhari Muslim, Lc.MA selaku dekan dan sekaligus membuka kegiatan PBAK tahun ini, juga di hadiri dan didampingi oleh para Wakil Dekan, Dosen, Pegawai dan juga segenap Calon Mahasiswa baru Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung.

Dalam sambutannya Dekan FA menyampaikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru khususnya Prodi Sejarah Peradaban Islam ( SPI) dan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) UIN Lampung karena telah resmi menjadi mahasiswa kedua prodi Fakultas Adab.

Selain menyampaikan ucapan selamat datang, dekan juga mengajak anak2 mahasiswa baru dan lama untuk bersama-sama memajukan dan mengembang Fakultas Adab agar bisa menjadi Fakultas terbaik nantinya.

Maju dan suksesnya sebuah fakultas tergantung dari mutu mahasiswanya, imbuh beliau..’

PBAK yang di komando oleh Eni Amaliah selaku moderator dan sekaligus ketua Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) berjalan dengan meriah dan penuh semangat dari calon mahasiswa baru,

Yel-yel pun serentak di ucapkan oleh mahaiswa baru” Fakultas Adab Mumtazd!!

Mahasiswa baru semangat dan khusuk mendengarkan arahan dan wejangan oleh Dekan Fakultas Adab. RM13

HUT RI Ke 77, 17 Agustus 2022


Dokumentasi 17 Agustus 2022 bersama Rekor UIN Raden Intan Lampung dan Wakil Rektor II

Foto bersama Dekan Fakultas Adab Dr. A. Bukhari Muslim,Lc.MA

17 Agustus 2022 sivitas Akademika Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung mengikuti upacara bendera di halaman rektorat UIN Lampung.

Upacara yang di pimpin langsung oleh Rektor UIN Lampung berjalan dengan khusu dan hikmat mengenang seluruh perjuangan dan jasa para pahlawan yang telah gugur untuk memperjuangankan kemerdekaan NKRI.

Rapat Distribusi Mata Kuliah



Bandar lampung,10/08/2022

Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung menggelar rapat distribusi mata kuliah pada rabu,10 Agustus 2022 di Aula Fakultas Ushuluddin,

Rapat yang di pimpin oleh Dr.Nadirsah Hawari,Lc.MA selaku wakil Dekan 1 Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung menggantikan Dekan Dr. A.Bukhari Muslim, Lc.MA karena masih ada tugas diluar, rapat yang berjalan dengan baik dan di hadiri oleh segenap Dosen-dosen yang nantinya akan mengampu mata kuliah yang mereka telah diamanahkan oleh Prodi-prodi.

Terlihat juga beberapa pegawai Fakultas Adab, baik dari bagian Akademik, mupun UMUM untuk bersama-sama mengikuti rapat tersebut.

Dalam rapat distribusi tahun ini, para dosen diminta untuk siap dan siaga menjalankan amanah atau tugas yang telah mereka terima dari prodi, baik prodi Sejarah Peradaban Islam dan Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam guna menunjang perkuliahan tepat waktu nantinya.

AL Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam


Bandar lampung (6/22) Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung melaksanakan Asesmen Lapangan yang berlangsung secara Daring dari tanggal 10-11 Juni 2022.

Dengan Tim Asesor yang kompeten Dr. Laksmi, S.S., MA., Universitas Indonesia, dan Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., S.S., M.Si., UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan Asesmen Lapangan ( AL) yang di buka oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Wan Jamaluddin Z, MA., Ph.D, dilanjutkan Sambutan oleh Dekan Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung, Dr. KH. Ahmad Bukhari Muslim, Lc., MA.

Rektor UIN Raden Intan Lampung memberikan sambutan

Asesmen Lapangan juga dihadiri oleh Guru Besar Ilmu Komunikasi, Prof. Dr. H. Khomsahrial Romli, M.Si yang juga mengampu mata kuliah Komunikasi Interpersonal di Prodi IPII. Dalam Sambutannya Rektor UIN Raden Intan Lampung menyampaikan “Prodi IPII ini merupakan salah satu bagian penting di Kampus UIN Raden Intan Lampung, UIN bisa konsen dalam bidang Literasi, terutama Literasi Membaca dan Menulis, sinergi dengan hal tersebut, alhamdilillah kita sudah berhasil membuat suatu karya terjemah Al-Qur’an berbahasa Lampung, ini merupakan bentuk implementasi keilmuan Literasi Menulis Dosen Prodi IPII untuk masyarakat luas. Al Qur’an berbahasa Lampung resmi digunakan untuk Umum dimana launching kegiatan tersebut langsung dilakukan di Kabupaten Pringsewu bersama Bupati Pringsewu, KH. Sujadi Saddat.” Ungkap Guru Besar Ilmu Sejarah tersebut.

AL membahas 9 kriteria yang terpaut pada Tri Dharma Perguruan Tinggi UIN Raden Intan Lampung, besar harapan mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakan dan Informasi Islam untuk Prodi ini mendapatkan prestasi yang unggul dan nilai yang memuaskan atas jerih payah seluruh TIM yang terlibat dalam Asesmen Lapangan demi Prodi IPII fakultas adab.

Pelantikan Sema-Dema Fakultas Adab


Bandar Lampung,22 ,04,2022 Fakultas Adab mengadakan Pelantikan Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) dan Sejarah Perdaban Islam ( SPI).

Pelantikan yang dihadiri oleh segenap Pimpinan Fakultas Adab, Dosen dan mahasiswa terpilih selaku ketua Sema dan Dema dari Prodi IPII dan SPI.

Sambutan Dekan Fakultas Adab

Dr. H. Ahmad Bukhari Muslim,Lc.MA selaku Dekan FA membuka Pelantikan tersebut, beliau menyampaikan dalam sambutannya bahwa Mahasiswa yang terpilih itu adalah mahasiswa hebat dan harus menjalankan serta mentaati peraturan yang ada dalam Organisasi yang akan mereka jalankan.

Pengambilan Sumpah Jabatan yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Adab serta di dampingi oleh Wakil Dekan 1,2,3 dan juga Kabag TU berlangsung dengan tenang dan penuh penghayatan dari para calon pemimpin Sema-Dema terpilih.