JALUR MINAT BAKAT AKADEMIK FAKULTAS ADAB TAHUN 2021 DI BUKA


Fakultas Adab telah membuka Jalur Minat Bakat Akademik pertanggal 25 Mei -16 Juli 2021 dengan syarat dan ketentuan yang sudah di tentukan.

Ayo segera daftarkan diri anda sebelum terlambat, waktu tidak bisa diulang dan kesempatan tak bisa diulang juga.

masih banyak waktu… ayo bergabung dan kuliah di Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung.

Fakultas Adab siapkan Kedua Prodi RPS berbasis KKNI


Senin,5 April 2021

Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung menggelar Workshop Rencana Pembelajaran Semester ( RPS) berbasis KKNI (Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia)

Dalam dunia Pendidikan khususnya perkuliahan, Kurikulum dan pembelajaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum  yang memiliki peran penting dalam menentukan berhasil tidaknya pendidikan, karena kurikulum merupakan pedoman dalam pelaksanaan program pengajaran, serta penentu jenis dan kualifikasi lulusan pada sebuah Fakultas.

Workshop yang dihadiri oleh Para Dosen dan Mahasiswa serta narasumber yang berkompeten yakni Oleh Dr. Ari Nurweni, M.A. dari Universitas lampung

Dr.H. Mahmudin Bunyamin,Lc.MA menyampaikan bahwa dosen memiliki tanggung jawab besar dalam melahirkan lulusan perguruan tinggi yang cerdas dan berintegritas. “Maka kurikulum (KKNI) ini merupakan bagian yang sangat penting dalam mendukung kesadaran tersebut,” ujarnya.

Beliau juga menyampaikan, kurikulum berbasis KKNI dapat tercapai jika didukung oleh tersusunnya Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) yang memadai, efektif sesuai dengan karakteristik matakuliah tersebut. “RPS dan SAP ini sangat bermanfaat sebagai pedoman bagi dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan,” terangnya.

Dekan berharap, workshop ini dapat meningkatkan pemahaman Dosen Pendidik khususnya kedua Prodi yang ada di Fakultas Adab yakni Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) dan Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI)  tekait penyusunan RPS yang lebih ideal dan sesuai dengan kurikulum KKNI, serta untuk melakukan sertifikasi internasional ISO 9001 tentang Sistem Manajemen Mutu.

Dr.H. Nadirsah hawari,Lc.MA  selaku wakil Dekan 1, menyampaikan serta mendukung prodi-prodi untuk menyelenggarakan workshop RPS berbasis KKNI. “Workshop ini diharapkan dapat menghasilkan suatu kemajuan dalam proses pembelajaran dan menghasilkan produk yang lebih baik terutama untuk dosen-dosen muda, yang mungkin belum banyak mengerti tentang pentingnya RPS berbasis KKNI,” terangnya.

Workshop yang dipandu oleh Moderator Eni Amaliah dan juga sebagai Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) dan juga di dampingi oleh Wakil Dekan 2 Dr. Hj. Romlah, M.Pd.I

Marhaban Ya Ramadhan


Segenap Sivitas Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung Mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa 1442H/2021 M, Semoga Ibadah Puasa kita diterima oleh Allah dan di ampuni segala dosa dan kekhilafan serta kesalahan kita. Amin

Selamat Berpuasa 1442 H/2021 M Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung

Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dibidang Seni Kaligrafi


Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung Kembali menyelenggarakan Webinar Nasional’ Membangun Kesadaran Budaya Tradisi Literasi” Upaya Peningkatan Kompetensi Mahsiswa di Bidang seni Kaligrafi Islam, Selasa,2-3 Februari 2021.

Webinar yang diisi oleh Narasumber yang berkompeten dibidangnya, khususnya seni kaligrafi salah satunya Prof.Dr.M.Arskal Salim,GP.M.Ag menjelaskan bahwa seni kaligrafi sangatlah baik dan bagus untuk mendidik dan membimbing mahasiswa yang berbakat dibidang tersebut. Beliau juga menambahkan bahwa seni kaligrafi ini sangat mulia dan sebuah seni yang mencerminkan keislaman.

Webinar Kerjasama Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) dan Perkumpulan Kaligrafi dan Zukhrufah Indonesia (PERKAZI) yang dibuka oleh 2 Narasumber, Ahmad Basyori,M.Pd.I dan Meza el-Khaeri. K.S.M.Ti. beliau adalah dosen di Fakultas Adab UIn Raden Intan Lampung.

Dr. Mahmudin Bunyamin, Lc. MA selaku Dekan Fakultas Adab dan sekaligus  sebagai Narasumber dalam Webinar menyampaikan bahwa seni kaligrafi sangat bagus dan bisa dikembangkan khususnya bagi adik-adik mahasiswa yang mempunyai bakat dibidang seni kaligrafi, imbuhnya.

Webinar yang di hadiri oleh beberapa Narasumber dari berbagai kalangan, Teguh Pasetyo ( Pengajar LEMKA-Jawa Barat, Fathur Rohman (Pengajar Khath di Lampung), Dr. Arsyad Shobby Kesuma,Lc.MA (Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Diniyyah Lampung (INSTIDLA) serta Kurnia Agung Robinsyah ( Founder PERKAZI, Direktur PT.Robians Talenta Abadi-Jakarta dan seluruh mahasiswa Fakultas Adab UIN Intan lampung khususnya Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) dan Sejarah Peradaban Islam (SPI).

Menguak Situs Batu Bedil Bersama Mahasiswa Prodi SPI Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung


Selasa, 22 Desember 2020.

Mahasiswa Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung melakukan kunjungan kesitus Batu Bedil. kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Sejarah Indonesia Pra Islam yang diampu oleh pak Agus Mahfudin S, M.Hum. Kunjungan ini dimulai dengan sambutan hangat dari pengurus dan coordinator Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten yaitu pak Haroni, S.Pd beserta Staf-Stafnya. Pada sesi selanjutnya kami para mahasiswa diarahkan untuk masuk ke saung yang kemudian menjadi tempat beliau pak Haroni dan kawan-kawan menjelaskan segala hal yang berkenaan tentang Situs Megalitik Batu Bedil ini.

            Situs Batu Bedil, Tanggamus. Adalah salah satu situs peninggalan masa Pra Sejarah di Lampung. Situs yang secara administratif berada di Desa Batu Bedil Hilir, kecamatan pulau panggung Kabupaten Tanggamus. Sedang letak Geografis situs yang diperkirakan oleh para arkeolog merupakan peninggalan era Megalitikum ini terletak pada koordinat 05o 18’ 07,4” LS dan 104o 40’ 59,0” BT. Situs ini berada di tepi jalan utama yang menghubungkan empat desa yaitu Desa Batu bedil, Desa Sumbermulya, desa srimanganten dan  Desa Air Bakoman, selain itu berada dipemukiman penduduk yang padat.

Penjelasan dimulai dari bagaimana asal muasal dari nama Batu Bedil itu sendiri, yang konon adalah berasal dari berbagai fenomena aneh yang dirasakan oleh warga setempat berkenaan tentang tempat yang dahulu masih berupa hutan ini. Masyarakat sering kali melihat adanya sinar yang terang dimalam hari dan juga suara ledakan atau tembakan dari area sekitar lokasi Situs ini. Selanjutnya warga setempat mulai membuka area ini dan ditemukan sebuah batu-batuan yang kemudian dinamakan dengan batu bedil (yang dalam artian beberapa bahasa adalah senapan atau tembak). Menurut keterangan dari bapak haroni Proses perehabilitasian situs ini pada mulanya dimulai pada pertengahan abad ke-19. Dan mulai secara serius diperhatikan sebagai salah satu bagian dari peninggalan peradaban pra sejarah pada masa orde baru, tepatnya pada tahun 1991 yang lalu. Di dalam komplek Situs Batu Bedil ini setidaknya ada empat buah batu peninggalan masa lampau yang menjadi daya tarik utama dari situs ini. Yaitu pertama adalah Prasasti Batu Bedil yang didalamnya terdapat tulisan mantera-mantera dalam ajaran agama budha. Kedua dan ketiga adalah Batu Gajah dan Batu Kerbau yang sesuai namanya mirip seperti kerbau, batu ini diperkirakan adalah peninggalan dari masa Hindu karena bentuknya yang merupakan hewan-hewan yang disucikan dalam agama Hindu. Ketiga yaitu Menhir Batu Bedil itu sendiri yang menjadi asal muasal nama dari situs ini yang diperkirakan merupakan peninggalan masa Pra Sejarah, demikianlah keterangan dari coordinator pengurus situs batu bedil ini.

            Sesi diskusi juga memuat sesi pertanyaan dimana para mahasiswa yang merupakan calon-calon peneliti dan sejarawan masa depan ini sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan. Sambil berjalan mengamati satu persatu batu bersejarah ini pertanyaan semisal perenovasian situs, penelitian hingga bagaimana reaksi dari warga sekitar dalam menghargai situs ini dengan sangat baik dan lugas disampaikan, yang tentu dijawab dengan jawaban yang sangat memuaskan dari Bapak Haroni. Kunjungan ditutup dengan sesi dokumentasi dan juga do’a harap bahwa kelak pengahrgaan terhadap situs semacam ini dapat terus ditingkatkan. Karena bagaimanapun situs-situs bersejarah yang berasal dari masa lalu nusantara adalah bagian dari identitas bangsa yang perlu kita gali, pertahankan dan juga kembangkan. Demi kemajuan negeri kita tercinta ini.

WEBINAR NASIONAL


Webinar yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung, Dr. H. Mahmudin Bunyamin, Lc MA, beliau menyampaikan bahwa webinar ini sungguh luar biasa, meski dalam suasana pandemi Covid-19 kita tak patah semangat untuk melakukan berbagai kegiatan meski dengan ZOOM atau secara Online. tegasnya

Narasumber dari berbagai kalangan yang luar biasa ini menjadikan semangat tersendiri untuk tidak menyerah dalam berliterasi dan menulis ataupun membuat karya meskipun dalam suasana seperti ini.

selalu modederator, Eni Amaliah menyampaikan bahwa kita jangan menyerah dan terus berkarya meski dalam kondisi apapun.

Webinar ini juga dihadiri oleh para Sivitas Fakultas Adab Dekan,Wakil Dekan 1,2 dan 3 yang begitu antusias dalam kegiatan ini.

Mahasiswa Prodi SPI melakukan kegiatan kajian Bahasa dan Sastra Lampung di Lamban Kuning Kerajaan Skala Brak Way Huwi Lamsel.


Pengumuman Hasil Lomba Resensi Buku Bagi Mahasiswa Tingkat Nasional 1 s/d 20 November 2020


Assalamu’alaikum Wr. Wb Berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri Lomba Resensi Buku Bagi Mahasiswa Tingkat Nasional Kerjasama Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung  dengan Relawan-Forum Literasi Lampung (FLL) Tahun 2020. Maka, Mahasiswa yang namanya tercantum dalam Lampiran Surat Keputusan ini, memenuhi syarat sebagai Pemenang Lomba Resensi Buku Bagi Mahasiswa Tingkat Nasional Kerjasama Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung  dengan Relawan-Forum Literasi Lampung (FLL) Tahun 2020. Pengumuman Hasil Lomba Resensi Tingkat Nasional Tahun 2020 Sebagai penutup kami ucapkan banyak terima kasih atas partisipasinya. Salam Literasi… Wassalamu’alaikm Wr Wb

Lomba Resensi Buku Bagi Mahasiswa Tingkat Nasional Kerjasama Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung dengan Relawan-Forum Literasi Lampung (FLL) Tanggal 1 s/d 20 November 2020


Fakultas Adab Jalin Kerja Sama dengan Radio Andalas


Rabu, 19 Agustus 2020

Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung menjalin kerjasama dengan PT. Radio Andalas Lampung

Dr Mahmudin Bunyamin Lc MA selaku Dekan Fakultas Adab membuka langsung acara penandatangan kerja sama (MoU) dengan Radio Andalas  dan dilanjutkan oleh sambutan dari Manager Radio Suara Andalas  Edi Purwanto.

Dalam penyampaiannya Dr Mahmuddin Bunyamin Lc MA menyampaikan, sebelum adanya MoU tersebut, akademisi FA dan UIN sudah rutin mengisi siaran program Religi Islami atau ceramah di Radio Suara Andalas 102,7 FM. “MoU ini untuk memperkuat tentang kerja sama yang sudah berjalan,” terangnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa kerja sama tersebut untuk melaksanakan salah satu tugas kewajiban dari perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. “Kita berharap kampus tidak menjadi menara gading. SDM di Fakultas Adab dan UIN dalam hal kemasyarakatan sangat mumpuni,” tegas beliau.

Dekan Fakultas Adab Dr. Mahmudin Bunyamin,Lc.MA berharap agar kampus secara terbuka dapat menerima masyarakat yang ingin berkonsultasi tentang persoalan dalam masyarakat dengan dosen atau ulama yang berada di UIN Raden Intan Lampung.

Foto bersama usai penandatanganan MoU.

Fakultas Adab (FA) UIN Raden Intan Lampung yang merupakan Fakultas yang baru berdiri pada tahun 2019 dan terus kembangkan baik kerja sama antar lembaga dan salah satunya dengan kerja sama dengan Pt. Radio Suara Anadalas

Fakultas Adab yang saat ini memiliki dua prodi yakni Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam serta Sejarah Peradaban Islam. Saat ini, pihak fakultas sedang mempersiapkan untuk membuka prodi baru, salah satunya Prodi Sastra Inggris dan kedepannya akan membuka banyak Prodi-prodi baru lainnya. (RM13)